Palembang, 20 November 2025 – Implementasi Kurikulum Merdeka menuntut kesiapan guru dalam mengintegrasikan teknologi dan keterampilan abad ke-21. Menanggapi kebutuhan ini, ILTEC (Institusi Latihan Teknologi dan Edukasi Canggih) baru-baru ini sukses menyelenggarakan pelatihan intensif Koding dan Kecerdasan Artifisial (AI) yang diikuti oleh puluhan guru Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai daerah. Dampaknya? Para guru mengakui pelatihan ini adalah kunci transformatif untuk menghadapi tuntutan inovasi pendidikan.
Dari Kekhawatiran menjadi Kepercayaan Diri Digital
Banyak guru SMA yang awalnya merasa ragu dan kurang percaya diri dalam mengajar materi Koding dan konsep AI, yang kini semakin relevan dalam mata pelajaran seperti Informatika dan proyek P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Pelatihan ILTEC dirancang bukan sekadar memperkenalkan teori, tetapi fokus pada praktik langsung dan pembuatan proyek sederhana. “Awalnya saya takut, merasa Koding dan AI itu terlalu teknis. Namun, setelah tiga hari pelatihan di ILTEC, saya sekarang bisa membuat model klasifikasi sederhana menggunakan Python dan merancangnya menjadi modul ajar yang fun untuk siswa,” ujar Ibu Helsi, seorang guru mata pelajaran Fisika/Informatika dari SMA Negeri 1 Banyuasin I. Menurutnya, pemahaman ini sangat vital untuk membimbing siswa dalam proyek berbasis data dan teknologi.
Mendorong Berpikir Kritis Melalui Logika Pemrograman
Sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka yang menekankan pada berpikir kritis dan pemecahan masalah, materi Koding yang diajarkan ILTEC difokuskan sebagai alat untuk mengasah logika. Para peserta belajar bagaimana mengurai masalah kompleks menjadi langkah-langkah logis yang dapat dipecahkan oleh komputer. Bapak Andri, guru Fisika dari SMA Negeri Kabupaten Ogan Komering Ilir, memberikan testimoninya: “Pelatihan ini mengubah cara saya memandang pemecahan masalah. Saya tidak hanya mendapatkan skill baru, tetapi juga cara berpikir baru. Konsep logika yang saya dapatkan dari koding AI ini akan saya aplikasikan saat mengajarkan Fisika, misalnya saat menganalisis data eksperimen secara komputasional.” Pengakuan ini menunjukkan bahwa skill Koding dan AI memiliki dampak lintas disiplin ilmu.
ILTEC Siap Mengawal Guru Menuju Sekolah Masa Depan
Keberhasilan pelatihan ini menunjukkan komitmen ILTEC dalam mendukung ekosistem pendidikan di Indonesia. Selain materi teknis, pelatihan ini juga membekali guru dengan metodologi pengajaran yang efektif agar materi Koding dan AI dapat disampaikan dengan cara yang menarik dan relevan bagi siswa SMA. Program follow-up dan komunitas daring yang dibentuk ILTEC memastikan para guru tidak berhenti belajar setelah pelatihan selesai. “Kami di ILTEC percaya bahwa guru adalah kunci utama keberhasilan implementasi AI di sekolah. Testimoni positif ini menjadi motivasi kami untuk terus mengembangkan kurikulum pelatihan yang adaptif dan menjawab kebutuhan nyata di lapangan,” tutup Kang Dr. Apit Direktur ILTEC.
Tertarik untuk bergabung dengan pelatihan ILTEC selanjutnya dan merasakan dampak transformatif pada pengajaran Anda? Kunjungi laman resmi kami di https//iltec.or.id atau hubungi 081313142414 untuk informasi program terbaru!
